Pejabat China: Muncul Virus Pneumonia Baru Lebih Mematikan dari Covid-19 di Kazakhstan

  • Whatsapp

Sebuah virus “pneumonia baru” yang berpotensi lebih mematikan daripada Covid-19 baru-baru ini dilaporkan telah menewaskan lebih dari 1.700 orang di Kazakhstan. Demikian peringatan yang dikeluarkan oleh pejabat China, Kamis (9/7/2020) kemarin.

Kasus “pneumonia baru” diklaim meningkat signifikan sejak pertengahan Juni lalu di seluruh wilayah Kazakhstan. Di beberapa tempat, otoritas kesehatan melaporkan ratusan kasus terkonfirmasi setiap harinya.

Dilansir dari AFP, Jumat (10/7/2020), Kedutaan China di Kazakhstan mendapat informasi infeksi virus yang diduga pneumonia jenis baru itu paling banyak di wilayah Atyrau, Aktobe, dan Shymkent dimana hampir 500 kasus baru dan lebih dari 30 pasien kritis.

“Departemen Kesehatan Kazakhstan dan lembaga-lembaga lain sedang melakukan penelitian komparatif dan belum mendefinisikan sifat virus pneumonia,” demkian pernyataan Kedutaan Besar China di Kazakhstan.

Lebih lanjut, China mengklaim angka kematian akibat virus pneumonia misterius tersebut sudah menyentuh angka 1.772 di tahun ini, dari angka tersebut 628 kematian terjadi di bulan Juni kemarin.

“Penyakit ini jauh lebih mematikan daripada Covid-19,” lanjut isi pernyataan.

Sementara itu, kantor berita terkemuka Kazakhstan, Kazinform yang mengutip data resmi dari Kementerian Kesehatan melaporkan jumlah kasus pneumonia di ibu kota Nursultan meningkat lebih dari dua kali lipat ada Juni dari waktu yang sama tahun lalu.

“Sampai 200 orang dirawat di rumah sakit setiap hari. Selama beberapa hari terakhir, sekitar 300 orang yang didiagnosis pneumonia dibawa ke rumah sakit. Selain itu, beberapa diantaranya menerima perawatan di rumah,” Kanzinform melaporkan.

Kedutaan China memperingatkan warganya di wilayah itu untuk membatasi bepergian ke luar dan menghindari tempat umum yang ramai. Mereka juga mendorong langkah-langkah pencegahan seperti mengenakan masker, menyemprotkan cairan disinfektan, sering mencuci tangan serta membuat sirkulasi udara yang baik dalam ruangan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *